Jumat, 12 September 2014

Bagian Bagian Sepeda dan Fungsinya

Anatomi Sepeda Mtb Gunung  
Sebuah Sepeda Mtb atau Sepeda Gunung terdiri dari bermacam-macam spareparts yang umum di sebut groupset atau drivetrain, brakeset, fork, selengkapnya sbb:
  1. Frame sepeda gunung (ada hardtail dan fulsus) 
  2. Fork atau Garpu Suspensi 
  3. Wheelset (Rim, Jari-jari atau spokes, Hub freehub) 
  4. Ban (tire atau ban luar, tube atau ban dalam) 
  5. Setang (handlebar) 
  6. Stem , Seatclamp, Headset dan Spacer
  7. Seatpost (tiang sadel) 
  8. Sadel (saddle) 
  9. Grip (hand grip) 
  10. Pedal 
  11. Groupset atau Drivetrain (shifter, fd, rd, sprocket, rantai, crankset) 
  12. Brakeset (disc brakeset: ada hydraulic dan mekanik, v-brake set)
Urutan point di atas juga merupakan tahap-tahapan belanja jikalau Anda ingin merakit sebuah Sepeda Gunung atau Sepeda Mtb. Tahapan di atas tersebut berdasarkan pengalaman kami dalam merakit sepeda mtb selama beberapa tahun ini. Yang intinya, kalau Owm Tante Bro and Sis mau merakit Sepeda Gunung, Beli lah dahulu Frame-nya, lanjut beli Fork-nya, Wheelset-nya, dan seterusnya dari point 1 ~ 12 selesai... jadi deh sepeda gunung ciptaan kamu...

Selesai merakit sepeda mtb gunung tersebut, sebaiknya sebelum Anda menggunakannya alangkah baiknya kondisi badan Anda dilengkapi dengan Perlengkapan Bersepeda, seperti: Helm Sepeda, Sarung tangan bersepeda, Protektor Bersepeda Pelindung Sikut dan Lutut, Sepatu Bersepeda, Tas Air dan Kacamata Bersepeda.
Sedangkan Optional Future untuk si Sepeda adalah: Lampu depan dan belakang, Bell, Tempat Botol atau Bottle Cage, Chain Protector, Mud Guard atau spakbor, Bike Tool atau Hand Tool atau paket kunci-kunci sepeda, Pompa Kecil atau Hand Pump dan acesories lain-lain sesuai minat sendiri...
Untuk melihat Artikel Perlengkapan Bersepeda dan Acesories Bersepeda silahkan Anda kembali ke Daftar Harga Sepeda Sperpart dan Aksesoris nya  


Istilah / sebutan untuk Suku Cadang Sepeda Gunung yg umum di pakai sbb:  

Setang atau Handle Bar
Orang banyak menyebutnya dengan stang. Handle bar adalah kendali dari sepeda, kontrol gigi transmisi, rem depan-belakang terdapat di handle bar ini. Pilihlah handle bar yang sesuai dengan kebutuhan dan postur badan anda agar nyaman digunakan.

Top Tube

Adalah bagian dari frame/rangka sepeda bagian atas.  Sesuaikanlah ukuran frame dengan postur tubuh anda agar nyaman digunakan.

Down Tube

Termasuk bagian dari frame/rangka sepeda, melitang dari Head Set dan terhubung langsung dengan Top Tube Seat, Stay dan Rumah BB (Buttom Bracket).

Shifter

Grupsets (komponen) pemindah kontrol gigi tranmisi, berguna untuk menggerakan FD (Front Derailleur) dan RD (Rear Derailleur), Shifter yang telah beredar dipasaran saat ini telah mempunyai penggerak RD mencapai 9 – 10 speed, untuk Shifter FD biasanya hanya terdiri 2 – 3 speed.

Handgrip

Adalah pembungkus Handle Bar (stang) berbahan terbuat dari karet/tape. Handgrip yang baik adalah hangrip yang tidak terlalu tebal atau terlalu tipis karena sangat berpengaruh kenyamanan bersepeda. Aturlah Handgrip agar pas dengan ukuran stang dan tidak mudah berputar saat digunakan.

Brake Lever

Merupakan tuas Rem (depan-belakang) aturlah Brake Lever sesuai dengan kenyamaan anda ketika bersepeda, usahakan jari tangan dapat meraih dengan mudah Lever (tuas).

HeadSet

Termasuk bagian depan Frame yang didalamnya mempunyai bearing dan komponen lainnya yang berfungsi untuk menghubungkan Fork (suspensi) depan dengan Stem dan Handle Bar.

Stem

Adalah bagian kendali sepeda kita, berfungsi untuk menghubungkan Handle Bar, Headset dan Fork (suspensi) depan. Stem tersedia dalam beberapa ukuran untuk suspensi depan yang panjang (long travel) bentuk stem berbeda dengan stem standart. Jika anda merasa stem anda terlalu panjang, anda bisa menggantinya dengan ukuran stem yang pendek agar tiadak terlalu membungkuk dalam bersepeda.

Sadle

Sadel 
Adalah tempat duduk pengendara, untuk sepeda sepeda gunung berukuran lebih tebal dibandingkan dengan roadbike. Aturlah posisi Sadle supaya benar-benar lurus (horizontal), atur maju dan mundurnya Sadle usahakan tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan Hadle Bar. Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan tidak nyaman kitika bersepeda pada kasus serius mengakibatkan cidera pinggang.

Seat Post

Dudukan Sadle penghubung antara dengan frame/rangka sepeda, posisi vertikal sesuaikan dengan kenyamanan anda. Tips:cobalah naik sepeda pada posisi berhenti, luruskan kaki anda hingga benar-benar meraih pedal. Jika posisi kaki masih terlihat dan dirasa masih tidak lurus padahal posisi pedal sudah dibawah hal ini pertanda bahwa Seat Post anda kurang tinggi. Aturlah Seat Post hingga benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda.

Seat Stay

Merupakan bagian belakang frame. Untuk sepeda gunung dual suspension Seat Stay biasanya berupa swing arms (lengan ayun) terhubung dengan frame menggunakan suspensi belakang.

Pedals

Merupakan komponen memutar Buttom Bracket dan Crankset sehingga sepeda bisa bergerak (digerakan ketika kita mengayuh sepeda).

Crank Set

Adalah komponen lengan yang menghubungkan pedals dengan Chain Rings.
istilah crankset bisa juga dalam penjualan di serta kan Buttom Bracket (Bearing set yg menhubungkan Crank Arm)

Chain Ring

Komponen tranmisi gigi depan (biasanya terdiri dari 2 -3 Chain Rings). Berfungsi  untuk menghubungkan rantai dengan Crankset.

Chain

Rantai. Merupakan komponen yang sangat vital fungsinya karena inilah yang bertugas menghubungkan Crankset Chain Ring dengan komponen Roda belakang, sehingga sepeda dapat melaju.

Idler Pulley

Adalah bagian dari Rear Derailleur (RD), yang berupa gir (gigi) kecil disertai tension (biasanya berupa per-pegas) yang berfungsi agar chain (rantai) tetep lurus dan tidak kendor.

Front Derailleur

Komponen vital pada sepeda gunung, berfungsi untuk mengatur pemindahan gigi depan (Chain Rings). Lebih dikenal dengan istilah FD, yang terhubung langsung dengan Shifter.

Rear Derailleur

Komponen vital pada sepeda gunung, berfungsi mengatur pemindahan gigi belakang. Lebih dikenal dengan istilah RD, terhubung langsung dengan Shifter.

Rims

Merupakan komponen Wheel set (roda) yang lebih dikenal dengan Velg (pelek) sepeda.
Sedangkan Wheelset adalah Rangka Roda depan belakang, biasa nya dalam penjualan di toko2 merupakan barang import yg sudah jadi dari pabrikkan nya

Tire

Ban Luar. Terbuat dari karet, sesuaikanlah jenis dan ukuran ban dengan kebutuhan anda. Ukuran ban untuk jenis aspal (road) biasanya tapak kecil dan motif standart. Untuk ada yang menggemari off road atau bahkan downhill pilihlah jenis ban dengan tapak lebar dan motif khusus full off road.

TUBE

Ban Dalam sepeda , ada yg pentil nya seperti pentil motor dan ada yg pentil nya kecil (presta)

Front Fork

adalah suspensi depan, Merupakan bagian sepeda yang berfungsi menghubungkan roda (whellset) depan dengan kemudi (Handle Bar). Fork yang beredar di pasaran tersedia berbagai jenis, merek dan ukuran. Sesuaikanlah jenis dan ukuran fork dengan kebutuhan anda, untuk medan aspal gunakan fork dengan panjang travel standart, sedangkan untuk penggemar downhill biasanya menggunakan travel yang panjang.

Master Diskbrake / Caliper

Komponen Brake (rem), merupakan rumah bagi kampas rem. Komponen ini berfungsi untuk menjepit disk brake ketika kita melakukan pengereman.

DiskBrake

Cakram, berupa piringan terhubung langsung dengan wheelset baik depan atau belakang.

Spokes

Jari-jari Roda, menghubungkan Hub dengan Rims (pelek).

Hub / Freehub

Terletak ditengah roda, disinilah jari-jari dan Rims (pelek) terhubung. Komponen didalamnya terdapat bearing (gotri).
Pada Bagian Roda depan di sebut HUB dan di Roda Belakang di sebut FREEHUB

 Saran 

     Saran sewaktu membeli sepeda mtb: Pastikan dulu bahwa Anda pakai Sepeda Mtb nya untuk off-road sebelum Anda membeli . Jika Anda hanya pakai di dalam kota atau di aspal atau di jalan datar, ada pilihan yang lebih baik dari sepeda yang akan lebih nyaman, yaitu sepeda hybrid. Atau bisa juga Anda pakai sepeda mtb offroad ini tapi... memakai ban luar yg buat on road atau aspal.   
     Juga, berhati-hatilah dengan sepeda mtb yang murah, sepeda gunung berat yang dijual pasaran pengecer massal, mungkin menawarkan bagus-bagus tampak depan dan shock belakang set-up, umumnya ini menambahkan banyak berat badan ke frame yang sudah berat juga, dan kalau komponen murah, tidak akan berlangsung lama dan sangat kasar. Memang benar kata nenek, bahwa ada uang ada mutu barangnya. Pada akhirnya dari begitu banyak pilihan yang ada di pasaran, beragam warna, bentuk, spec, harga... beragam juga isi kantong orang... maka pilihan kembali ke selera masing-masing. 

Frame
Sewaktu kita ingin membeli sepeda gunung atau merakit sepeda mtb, ada 1 hal yang sangat penting untuk kita perhatikan adalah BENTUK dan WARNA FRAME nya. Pilihlah Frame itu mengikuti kata hati mu, jangan terpengaruh dengan merk dagang, bentuk dan warna frame adalah mencerminkan hati kamu. Dan nantinya saat kamu memakai sepeda tersebut orang lain akan melihat kamu apa ada nya, itu lah kamu dan sepeda mu. Cheers....
Frame sepeda mtb: Kebanyakan entry-level frame sepeda gunung adalah aluminium, yang ringan dan karat-bukti dan relatif kuat, tetapi tidak kebal terhadap kerusakan dari waktu ke waktu ketika mengalami stres berulang. Aku bukan penggemar aluminium dalam frame sepeda gunung, hanya karena sifat kasar naik, yang terus-menerus subyek frame sepeda gunung dengan stres yang signifikan, terutama ketika pengendara berat terlibat. Frame serat karbon, tingkat yang lebih tinggi dari materi, mirip dengan aluminium yang ringan, karat-bukti dan sangat kuat, tetapi juga rentan terhadap kerusakan, tetapi ketika mereka pergi itu terjadi tiba-tiba, dan biasanya pada saat kemungkinan terburuk.Top-of-the-line frame sepeda gunung yang terbuat dari titanium, yang super ringan dan sangat kuat. Berbeda dengan aluminium dan serat karbon, yang keduanya akhirnya bisa gagal dari waktu ke waktu, bingkai titanium pada sepeda gunung akan menjadi pilihan yang cocok untuk pengendara yang besar karena kemampuannya untuk menangani beban yang lebih besar tanpa menjadi lelah. Selalu ada trade-off, meskipun, dan sisi negatifnya adalah bahwa titanium sangat mahal. Karena biaya, sepeda ini dengan frame titanium biasanya jatuh di luar jangkauan semua tapi pengendara sepeda yang paling serius atau kompetitif. Setang atau handlebar: setang sepeda gunung biasanya datar, dan langsung keluar dari batang. Dengan pegangan yang lebih luas, biasanya sekitar lebar bahu, setang ini memungkinkan pengendara untuk duduk tegak dan menawarkan posisi yang lebih baik untuk visi dan kontrol dari sepeda ke atas dan ke bawah medan.Riding position: Cara bahwa sepeda gunung dirancang memungkinkan pengendara duduk tegak dalam posisi yang memberi mereka kontrol yang terbaik dari sepeda, dengan baik ditempatkan pusat gravitasi dan kemampuan untuk menggeser berat badan ke depan atau belakang untuk memberikan keseimbangan dan menyesuaikan diri dengan berbagai medan.Gears: sepeda gunung memiliki berbagai gearing untuk memungkinkan mereka untuk menangani berbagai medan. Dengan gigi rendah yang pergi jauh di bawah yang sebagian besar jalan sepeda, pengendara lebih mudah mampu menaklukkan beberapa bukit yang curam jahat. Di ujung tinggi dari berbagai peralatan, sepeda gunung biasanya biasanya tidak begitu tinggi dalam gearing seperti apa yang Anda akan temukan pada sepeda jalan. Jarang ada kebutuhan untuk terbuka lebar, kecepatan menyala seperti Anda akan memiliki di sepeda jalan, dan lebih dari ukuran, ban ceking sepeda itu tidak benar-benar kondusif untuk pergi cepat kilat pula.Biasanya sepeda gunung akan memiliki dua atau tiga cincin rantai di depan sebagai bagian dari perakitan engkol, sekali lagi lebih kecil dari apa yang Anda akan temukan pada sepeda jalan, bersama dengan delapan atau sembilan gigi dalam bentuk kaset pada roda belakang, banyak kali menampilkan satu gigi bodiaciously berukuran disebut gigi nenek untuk membantu dengan tanjakan sangat curam. Kombinasi ini memungkinkan untuk di mana saja dari 16 hingga 27 kombinasi gigi mungkin, rentang yang menyumbang hampir setiap jenis medan yang sepeda gunung akan menghadapi.Pedal: sepeda gunung Basic dilengkapi dengan pedal platform yang. Hal ini berguna jika Anda adalah tipe pembalap yang sering menempatkan kaki Anda ke bawah. Lainnya pengendara lebih maju dapat memilih untuk menggunakan klip kaki atau pedal clipless bahkan yang memungkinkan pengendara untuk mengamankan sepatu cleated nya ke pedal, tapi orang-orang memiliki berbagai tingkat kenyamanan ketika datang ke sepenuhnya melekat pada sepeda gunung mengingat varietas medan yang dihadapi dan kebutuhan sering untuk menjatuhkan kaki yang ke tanah.Aksesoris: untuk sepeda gunung termasuk cyclocomputer, pompa frame, tas alat, botol air dan tool, mengingat sifat kasar dan tak menentu dari trek perjalanan yg di lalui mtb , banyak pengendara sepeda gunung membawa alat-alat kit dilengkapi dengan baik banyak alat dan suku cadang dari rekan-rekan goweser. Salam Gowes. 

1 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...

    Headset Genius Bluetooth HS-980
    Price Rp 399.000

    Review Product :

    Headset keluaran Genius ini dikoneksikan secara wireless menggunakan teknologi bluetooth ke perangkat handset mobile seperti handphone, blackberry, iPhone dan PDA yang tentunya sudah terintegrasi modul bluetooth didalamnya. Sehingga dapat menerima dan menelpon atau bahkan mendengarkan musik tanpa menggunakan kabel.
    Kunjungi web kami untuk produk lainnya

    Deskripsi :

    Adjustable Headband Swivel Ear Cups, Great for Music and Smart Phone (A2DP), Rechargeable Lithium Ion Battery, Talk Time : Up to 9 hrs, Music Play Time : Up to 7.5 hrs.
    --------------> Bluetooth Class 2 (2.4Ghz Wireless)
    --------------> 20 ~ 20KHz Frequency Response (Headphone Speaker)
    --------------> 32Ω Impedance, 30mm Driver Unit
    --------------> 102dB Sensitivity Headphone, -40±3 dB Microphone
    --------------> Omni-direction Microphone
    --------------> 100Hz~10KHz Frequency Response (Microphone)

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    BalasHapus